Senin, 26 Oktober 2020

CANTIK ITU SEHAT - STOP OBSESI KULIT PUTIH & HINDARI PRODUK BERMERKURI

APAKAH CANTIK HARUS PUTIH?

Hi Beauties...
Ada yang merasa ga percaya diri dengan warna kulitnya saat ini? Pernah atau masih mati-matian merubah warna kulit ?
Atau bahkan ada yang merasa sudah sempurna lantas merasa punya hak untuk membully warna kulit seseorang ?

Baca terus, karena aku mau cerita sedikit mengenai webminar yang baru-baru ini sempat aku hadiri secara virtual bersama Badan Pengawasan Obat & Makanan, dengan judul Stop Kosmetik Bermerkuri
“Akhiri Obsesi Putih dalam Sekejap” Bangga dengan Warna Kulitmu .

BANGGA DENGAN WARNA KULITMU

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara tropis dengan latar belakang suku, budaya dan warna kulit yang berbeda..
Ada yang berkulit terang, ada yang cenderung lebih gelap, tapi sebagian besar berkulit sawo matang...
Keberagaman ini yang membuat bangsa kita indah.
Namun tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini masih banyak yang termakan stigma bahwa cantik harus putih dan terobsesi untuk memiliki kulit putih dengan cara instan tanpa memikirkan dampak jangka panjangnya seperti apa.

Dr. Penny K. Lukito, MCP selaku kepala BPOM RI menyebutkan bahwa saat ini masih banyak ditemukan produk kecantikan yang mengandung merkuri.
Tapi jangan khawatir karena selain berupaya mencari alternatif pengganti yang tidak berbahaya,  BPOM masih terus berupaya untuk melakukan pengawasan dan edukasi kepada pelaku bisnis dan juga masyarakat supaya tidak menjual atau menggunakan produk bermerkuri hingga saat ini.

dr. Listya Paramita Sp.KK mengatakan bahwa ada keterkaitan faktor geografis dalam merubah genetik seseorang, yang menentukan warna kulit dan hal ini tidak dapat diubah.
Hal tersebut tergantung pada jumlah pigmen melanin pada kulit. 
Jadi terima apapun warna kulit kita dan rawat dengan menggunakan skincare yang tepat dan tidak berbahaya, menjaga pola makan dan gaya hidup untuk mendapatkan kulityang sehat.

Untuk kalian yang merasa minder dengan kulit sawo matang perlu mengetahui fakta bahwa :
- kulit sawo matang memiliki kekuatan lebih untuk melindungi diri dari sunar UV
- memiliki kulit sawo matang mulai menjadi trend kosmetik saat ini
- banyak orang berkulit gelap sukses dalam karir

Analisa Widyaningrum yang merupakan seorang psikolog & influencer menyebutkan bahwa peran keluarga sangatlah penting untuk membangun rasa percaya diri pada seseorang, sehingga mereka tidak akan mencari sesuatu yang tidak ada pada dirinya dan lebih mengapresiasi apa yang ada pada dirinya.
Inner beauty akan terlihat ketika seseorang memiliki potensi.
Menurut Asmara Abigail, public figure cantik berkulit sawo matang yang hidup dengan latar belakang keluarga yang memiliki warna kulit beragam, ia justru mendapat pujian atas warna kulitnya, yang terpenting menurutnya adalah bagaimana kita harus merasa bahagia dengan diri kita.

Tidak jauh berbeda dengan Asmara, dari sudut pandang Rayi RAN merawat dan memperkaya penampilan merupakan hal yang perlu dilakukan, tapi tidak hanya itu perempuan cantik adalah yang memeiliki intelligence dan inner beauty. Fokuslah pada talenta yang kita miliki dan nyaman dengan diri kita itu sangat penting.

Dra. Reri Indriani, Apt.,M.Si mengatakan bahwa sudah banyak produk lokal yang sudah memiliki ijin BPOM sebagai alternatif yang aman untuk kulit.
Saran dari beliau, sebagai konsumen yang baik sudah seharusnya kita memeriksa komposisi dan fungsi produk kecantikan yang kita gunakan.
Pastikan tidak mengandung merkuri, karena selain dapat menyebabkan kanker, merkuri dapat menyebabkan gangguan janin, gangguan saraf dan gagal ginjal akut.

Jangan lupa lakukan cek KLIK saat membeli produk
- cek kemasan
- cek label
- cek ijin edar
- cek kadaluarsa


Nah temen-temen, jadilah konsumen yang cerdas, jangan asal asalan dalam memilih produk. Cintai diri, bangga dengan warna kulitmu, karena warna kulit tidak dapat dijadikan sebagai tolak ukur atas kualitas seseorang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar